Pemuda Dan Tembakau

rokokTembakau adalah salah satu tanaman sebagai bahan baku utama Rokok yang tentu sangat familiar di lingkungan kita. Sebagai bahan baku utama rokok, tembakau banyak ditemukan disekitar wilayah pedesaan di kabupaten Lumajang. Banyak para petani yang menanam untuk kebutuhan pabrik rokok ataupun untuk keperluan di produksi secara tradisional menjadi rokok linting (tirwe).

Berbicara rokok, Indonesia termasuk negara yang masih sangat bebas dan longgar dalam penerapan, distribusi dan juga pemasarannya kepada konsumen di bawah umur. Sebagai lembaga sekolah, SMKN Pasirian memiliki 56% siswa lelaki dari seluruh jumlah siswa yang termasuk sebagai pangsa pasar beredarnya rokok di masyarakat.

Pemuda adalah harapan bangsa. Mereka harus sehat jasmani dan juga rohani untuk menopang masa depan dirinya, keluarga dan juga negara. Rokok sangat identik sekali dengan para pemuda, tembakau ini adalah barang yang berbahaya dan sangat berdampak pada gangguan kesehatan utamanya pernafasan. Oleh karena itu, melalui kader Adiwiyata, sekolah tidak bosan-bosannya menkampanyekan berbagai bahaya merokok kepada seluruh warga sekolah.

Harapannya, banyak dari para remaja yang masih berusia pelajar, bisa menghindari kehidupan merokok yang tentunya sangat berbahaya dan merugikan mereka sebagai kaum muda yang produktif. Kampanye di laksanakan di hari-hari yang telah dijadwalkan sebulan dua kali. Sasaran lebih banyak pada siswa-siswa yang sedang berkegiatan di luar kelas dengan tujuan supaya penyampaiannya tidak dalam situasi yang kaku.