Verifikasi Program Pintar Bersama Daihatsu

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Keahlian Tenik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK Negeri Pasirian sebagai upaya untuk  dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) bersama PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bergabung sebagai sekolah binaan Daihatsu melalui program Pintar Bersama Daihatsu (PBD), sebuah program yang bertujuan untuk mencerdaskan insan pendidikan di Indonesia serta menghindari pemborosan dengan mengutamakan perilaku positif dari setiap orang dalam perusahaan melalui 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shisuke).

Program ini menekankan pada aspek peningkatan soft skill dan hard skill sebagai kebutuhan utama di industri dan dunia kerja. TKRO SMK Negeri Pasirian sebagai salah satu sekolah binaan Daihatsu pada hari Rabu, 27 Oktober 2021 bertempat di Gedung Rapat dan di beberapa area sekolah terutama di bengkel TKRO dilakukan verifikasi implementasi soft skill dan hard skill oleh assesor program Pintar Bersama Daihatsu.

Sebelum melakukan verfikasi dilapangan, P. Cahyo selaku verfikator dan asesor memberikan pengarahan kepada seluruh tim PBD yang dihadiri oleh seluruh manajemen sekolah, mulai dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Ketua Program Keahlian dan Kepala Bengkel/Laboratorium semua kompeletensi keahlian. Beliau menyampaikan bahwa progam PBD ini adalah program yang baik, selaras dengan kebijakan pemerintah melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan dirjen Pendidikan Vokasi tentang link and match dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

Setelah beliau memberikan pengarahan dilanjutkan dengan verifikasi di lapangan yang didampingi oleh tim inti PBD. Kegiatan verifikasi diakhiri tepat pukul 12.00 WIB, dari hasil verifikasi disampaikan evaluasi kepada semua tim PBD bahawasanya implementasi dari aspek soft skill dan hard skill sudah dilaksanakan dengan baik dan perlu adanya peningkatan dari sisi penataan kembali di berbagai area terutama di area bengkel di TKRO.