12 Tahun Bersama Drs. H. Malikan, M. Pd

1434093204129Kamis 11 Juni 2015 adalah hari yang spesial bagi SMK Negeri Pasirian. Hari itu dihelat sebuah acara perpisahan bagi Kepala Sekolah bapak Drs. H. Malikan, M. Pd yang telah purna tugas. Kenapa spesial? karena Drs. H. Malikan adalah Kepala Sekolah pertama yang merintis berdirinya SMKN Pasirian 13 tahun silam. Tentunya sungguh berbeda rasanya melihat dan melepas beliau pergi dan tidak lagi berada di tengah-tengah keluarga besar SMK Negeri Pasirian di hari-hari mendatang.

Tahun 2003 beliau datang ke sebuah hamparan lapangan sebuah desa. Di sinilah awal titah tugas dari Dinas Pendidikan untuknya sebagai seorang Kepala Sekolah yang belum ada bentuk sekolahannya. Dengan meminjam fasilitas dari berbagai sekolah, akhirnya di bukalah untuk pertama kali sebuah sekolah menengah kejuruan dengan jurusan Teknik Perkayuan.

Tahun pertama dibuka, SMKN Pasirian mendapatkan 103 siswa dibagi dalam 3 kelas. proses Belajar Mengajar masih beralaskan tikar dan fasilitas seadanya. Hal ini semakin memunculkan tekad dan semangat kuat dari sosok Drs. H. Malikan, M. Pd bersama beberapa rekan guru Honorer saat itu untuk mewujudkan sebuah sekolah yang terus berkembang dan tumbuh besar serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Sudah 13 tahun berjalan, kini SMK Negeri Pasirian telah tumbuh besar dan pesat dengan jumlah siswa 1500 an yang terbagi dalam 10 jurusan. Dalam sesi sambutannya, Pak Malikan banyak menceritakan tentang jerih payah bersama dalam membesarkan sekolah. Beliau tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh keluarga besar sekolah yang turut berjasa membawa kejayaan sekolah.

Saran terakhir beliau kepada seluruh guru dan pegawai sekolah adalah untuk terus mewujudkan hal-hal yang masih kurang sempurna selama kepemimpinannya. Bersabar dan terus melakukan hal terbaik karena semua pekerjaan ada prosesnya.

Acara ini juga di hadiri oleh beberapa tamu undangan antara lain dari Musyawarah Kerja Kepala Sekolah  (MKKS) Kabupaten Lumajang, Kepala Dinas Kabupaten Lumajang, UPT Kecamatan Pasirian, Komite Sekolah dan juga Kepala Desa Condro. Dalam sambutan, ketua MKKS Dra. H. Soetatik, M. Pd bercerita bagaimana kuatnya tekad pak Malikan dalam segala hal menyangkut tugasnya memajukan pendidikan. Sedangkan Kepala Dinas Pendidikan bapak Bambang Asep M. Pd mengucapkan banyak terima kasih atas kinerja pak Malikan yang telah berjalan selama 12 tahun. Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan menyampaikan rasa puasnya melihat SMK Negeri Pasirian telah tumbuh pesat dan menjadi pusat pendidikan di wilayah selatan Lumajang.

Terima kasih bapak, semoga hari-harimu selanjutnya di limpahi keberkahan oleh Allah, sehat dan bahagia selalu.