Alur Mekanisme Kerja

Alur Mekanisme Kerja yang ada di SMK Negeri Pasirian lumajang berdasarkan struktur pengelolaan dan pembinaan calon murid dan ringkasan tentang proses penerimaan dan pelaksanaan kegiatan belajar & mengajar.

Pada data berikut merupakan ringkasan dan rangkuman dari alur mekanisme kerja yang ada di SMK Negeri Pasirian Lumajang – Jawa Timur. Untuk selebihnya dapat menghubungi pihak yang terkait secara langsung / mendatangi Sekolah untuk eterangan lebih lanjut.

  1.  Dalam Rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah melalui Waka 3 mengadakan kegiatan promosi / Sosialisasi ke Sekolah Рsekolah (SMP, MTS dan yang sederajat), serta ke Orang Tua / Wali Murid calon siswa.
  2. Calon Siswa yang lulus seleksi akan mengikuti kegiatan masa Orientasi sekolah dan selanjutnya masuk kelas X.
  3. Pembinaan Akademis, Non Akademis ( Prestasi, Keterampilan, Olahraga, Kesenian dll) dilaksanakan pada saat siswa kelas X dengan harapan prestasi dari siswa bias di bina semaksimal mungkin.
  4. Siswa kelas X dan XI dilaksanakan evaluasi mulai dari Ulangan Harian, UTS, Ulangan Semester. Siswa yang dinyatakan memenuhi Kriteria kenaikan kelas maka bisa melanjutkan ke kelas XI dan ke kelas XII, kemudian yang dinyatakan tidak memenuhi syarat kenaikan kelas maka akan tetap tinggal dikelas X dan Dikelas XI dan siswa yang tidak naik kelas sebanyak 2x maka siswa tersebut akan dikembalikan ke orang tua.
  5. Siswa kelas XII akan melakanakan Ujian Nasional & Ujian Sekolah, siswa yang nilai ujianya sesuai dengan kriteria kelulusan dinyatakan lulus dan yang nilainya dibawah nilai kriteria kelulusan maka dinyatakan tidak lulus, siswa yang tidak lulus tetap tinggal dikelas XII dan mengulang 1 tahun pelajaran di tahun pelajaran berikutnya.
  6. Pengembangan diri dan Pendampingan siswa dilaksanakan selama siswa belajar di SMK yaitu mulai kelas X, XI, dan XII dengan maksud untuk membekali siswa agar memiliki Life Skill ( kecakapan Hidup ).
  7. Pengelolaan Sarana Prasarana berkaitan erat dengan proses belajar mengajar sangat selektif dalam menentukan pemasok barang dan jasa. Waka 4 memiliki Kriteria – kriteria khusus.
  8. Praktek Kerja Industri di laksanakan pada saat siswa kelas XI sedangkan penyaluran tamatan sudah dimulai pada saat siswa kelas XII.
  9. Semua proses yang dilakukan di SMK NEGERI PASIRIAN adalah bertujuan untuk mencetak tamatan yang kompeten dan professional dibidangnya, dalam rangka memenuhi kepuasan pelanggan.